Fathul Hadi, Muhammad (2023) Analisis strategi pemasaran usaha pembuatan tahu dalam meningkatkan penjualan pada pengusaha tahu Dusun Karang Kuripan Barat Desa Kediri. Undergraduate thesis, UIN MATARAM.

[img] Text
Muhammad Fathul Hadi 170501312.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Untuk tujuan dalam penelitian ini yaitu 1. Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran usaha tahu dalam meningkatkan penjualan. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Keabsahan data menerapkan diskusi dengan dosen pembimbing, penguji teman sejawat dan menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini 1) Strategi pemasaran usaha tahu dalam meningkatkan hasil penjualan menggunakan bauran pemasaran 4p yaitu: a. Strategi produk yaitu pengusaha tahu di Dusun Karang Kuripan Barat Desa Kediri meliputi 1) Mengutamakan produk menawarkan produk dengan kualitas terbaik dari bahan baku yang berkualitas bagus pula, 2) Menciptakan inovasi produk, 3) Ampas tahu sebagai pakan ternak. b. Strategi menentukan harga meliputi: 1) Memberikan reward (Imbalan/ penghargaan) seperti bonus, diskon, 2) Strategi harga berdasarkan biaya produksi, 3) Strategi Harga Berdasarkan Kebutuhan/ Keinginan 4) Strategi Harga Berdasarkan Persaingan. c. Strategi tempat, untuk pembuatan tahu terletak di rumah sendiri. Dalam pendistribusian tidak langsung yakni melalui perantara reseller (pemasar) dan juga pedagang sayur dan pedagang lainnya, meliputi 1) Memperluas jangkuan pendistribusian, 2) Menjalin kerjasama yang baik dengan konsumen d. Strategi promosi, untuk promosinya usaha tahu yang ada di Dusun Karang Kuripan Barat Desa Kediri menggunakan dari mulut ke mulut, atau terkadang menggunakan media sosial seperti whatsap. Meliputi misalkan ada syukuran, hajatan dan perayaan hari besar agama Islam. Hambatan yang dihadapi oleh pengusaha tahu Dusun Karang Kuripan Barat Desa Kediri yakni Kenaikan harga bahan baku kedelai, R

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, usaha tahu dan penjualan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:01
Last Modified: 24 Jan 2024 03:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item