Pengaruh metode diskusi dan ceramah terhadap minat belajar anak pada pelajaran pendidikan agama islam kelas XI di SMAS Al-Fathiyah Kwangpati Tahun Pelajaran 2016/2017

Mas’ariwiadi, Mas’ariwiadi (2017) Pengaruh metode diskusi dan ceramah terhadap minat belajar anak pada pelajaran pendidikan agama islam kelas XI di SMAS Al-Fathiyah Kwangpati Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Mas’ariwiadi15113120020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Di era modern ini masih banyak guru yang kurang memperhatikan dan memahami metode pembelajaran yang ada sehingga guru sering keliru dalam menggunakan metode sehingga tujuan yang diinginkan tidak tercapai. Untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan, seorang guru harus bisa mengelola kelas dengan baik, menggunakan strategi yang tepat serta metode pembelajaran yang benar. Peneliltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ada dari metode (diskusi dan ceramah) terhadap minat belajar anak pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui relevansi antara materi pembelajaran dengan metode (diskusi dan ceramah) terhadap minat belajar anak pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah, peneliti mendapatkan bahwa metode diskusi lebih berpengaruh terhadap minat belajar anak daripada dengan menggunakan metode ceramah, hal itu dikarenakan pada waktu pembelajaran menggunakan metode diskusi anak lebih banyak aktif dan bergairah untuk belajar sedangkan dengan menggunakan metode ceramah anak lebih banyak mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru sehingga anak banyak yang mengantuk dan kurang bergairah dalam belajar.Antara materi pelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan mempunyai hubungan yang sangat erat. karena tidak semua materi pelajaran dapat diajarkan menggunakan metode yang sama, sehingga guru harus benar-benar memahami metode pembelajaran yang ada sehingga setiap materi yang daijarkan menggunakan metode yang tepat dan minat belajar siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Diskusi; Ceramah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 24 Apr 2018 09:14
Last Modified: 24 Apr 2018 09:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item