Wardani, Mutia (2023) Analisis strategi iklan online tokopedia versi "waktu indonesia belanja" Periode Januari - November 2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MUTIA WARDANI (200301137).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidaksesuaian jumlah pengguna dan hasil pendapatan yang diperoleh tokopedia setelah melihat perbandingan dengan E-Commerce lain (Shopee), di mana berdasarkan hasil observasi awal peneliti, peneliti menemukan bahwa jumlah pengguna shopee lebih banyak jika dibandingkan dengan tokopedia, namun hal ini berbanding terbalik dengan jumlah perolehan pendapatan dari kedua e- commerce besar di indonesia ini. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi iklan online yang diterapkan oleh Tokopedia dengan versi ""Waktu Indonesia Belanja"" selama periode Januari hingga November 2023 yang menjadi salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh tokopedia sehingga mencapai keberhasilan seperti saat ini. Metode penelitian melibatkan analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dalam menggambarkan dan menjelaskan secara rinci terhadap kampanye iklan, fokus pada pemahaman tujuan, target audiens, alat pemasaran digital yang digunakan, dan hasil kampanye. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, analisis statistik platform media sosial, dan wawancara dengan pihak terkait. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh tokopedia dalam menyebarkan iklannya secara online yaitu dengan menggunakan strategi Brand Repetition (pengulangan merek) melalui lagu WIB (Waktu Indonesia Belanja) sebagai bentuk Brand Awareness (kesadaran merek), strategi pengemasan konten unik dan menarik yang bertema WAR (Perang) diskon dan iklan (ads) sekali tayang di semua media sosial yang digunakan tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: iklan Online, War Diskon, WIB, Tokopedia"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:21
Last Modified: 18 Jan 2024 03:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item View Item