Efektivitas pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjama’ah untuk membentuk sikap disiplin siswa di MA Raudlatusshibiyan NW Belencong Kec. Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016

Hidayaturrahmah, Hidayaturrahmah (2016) Efektivitas pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjama’ah untuk membentuk sikap disiplin siswa di MA Raudlatusshibiyan NW Belencong Kec. Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Hidayaturrahmah 151121144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berangkat dari judul di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjama’ah dan bagaimanakah efektivitas pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjama’ah untuk membentuk sikap disiplin siswa di MA Raudlatusshibiyan NW Belencong Kec. Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitataif. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancar dan dokumentasi. Dengan menggunakan ketiga metode ini, peneliti menemukan data mengenai kegiatan salat dhuha berjama’ah di MA Raudlatusshibiyan NW Belencong. Kegiatan salat dhuha berjama’ah merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh siswa. Untuk pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjama’ah dilaksanakan satu kali seminggu, pada hari jum’at. Rangkaian kegiatan salat dhuha berjama’ah yaitu (a) Hiziban dan yasinan yang dimulai dari jam 07.00 sampai jam 08.30; (b) salat dhuha berjama’ah yang dilakukan dua kali salam; (c) pidato yang dilakukan oleh siswa dan kemudian dilakukan oleh pembina kegiatan salat dhuha berjama’ah. Adapun model penilaian efektivitas terhadap pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjama’ah untuk membentuk sikap disiplin siswa berdasarkan pada kriteria evaluasi pendekatan pre-ordinate dengan model evaluasi CIPP yaitu Evaluasi Konteks (Context Evaluation), Evaluasi Masukan (Input Evaluation), Evaluasi Proses (Process Evaluation) dan Evaluasi Produk (Product Evaluation). Dari hasil temuan dan model evaluasi CIPP yang digunakan dapat diketahui bahwa efektivitas pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjama’ah untuk membentuk sikap disiplin siswa di MA Raudlatusshibiyan NW Belencong dari segi konteks tidak efektif disebabkan karena waktu pelaksanaan kegiatan salat dhuha berjama’ah yang hanya dilakukan satu kali dalam seminggu dan kurangnya kerjasama antar sesama guru dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa untuk melaksanakan salat dhuha berjama’ah. Dalam segi masukan sudah efektif, karena latar belakang pendidikan pembina kegiatan salat dhuha berjama’ah merupakan sarjana agama. Jadi, ini sesuai dengan kegiatan salat dhuha berjama’ah. Dilihat dari segi proses belum efektif, karena kurangnya upaya pembina kegiatan salat dhuha berjama’ah dalam meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan salat dhuha berjama’ah. Sedangkan dari segi produk atau hasil belum efektif, karena tujuan untuk membiasakan siswa melakukan salat dhuha dan membentuk sikap disiplin siswa melalui kegiatan salat dhuha berjama’ah belum sepenuhnya berhasil sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha, Disiplin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 24 Apr 2018 09:24
Last Modified: 24 Apr 2018 09:24
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item