Penerapan metode drill pada pembelajaran akidah akhlak kelas VII Mts. Ishlaah Al-Ummah Batu Mulik Gerung Tahun Pelajaraan 2016/2017

Guna, Lalu Mukadam Panji (2017) Penerapan metode drill pada pembelajaran akidah akhlak kelas VII Mts. Ishlaah Al-Ummah Batu Mulik Gerung Tahun Pelajaraan 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Lalu Mukadam Panji Guna151131193.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (826kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan hasil Penerapan Metode Drill Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Mts. Ishlaah Al-Ummah Batu Mulik Gerung Tahun Pelajaraan 2016/2017. Penerapan metode drill dilakukan dengan mengadakan latihan-latihan secara intensif dan berulang-ulang sehingga tidak terasa siswa memperoleh kecakapan tertentu serta menjadi terbiasa melakukkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian kualitatif yang merupakan jenis penelitian lapangan yang bertujuan untuk menggambarkan secara langsung dari orang perorang maupun kelompok yang diamati. Rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah “Bagaimana Bentuk dan Hasil Penerapan Metode Drill Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Mts. Ishlaah Al-Ummah Batu Mulik Gerung Tahun Pelajaraan 2016/2017”. Teknik untuk mengumpulkan data dilakukan dengam wawancara dengan kepala madrasah, guru, pegawai, dan siswa kelas VII Mts. Ishlaah Al-Ummah Batu Mulik serta dengan melakukan dokumentasi dan observasi terhadap proses belajar mengajar. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa penerapan metode drill pada pembelajaran akidah akhlak kelas VII Mts. Ishlaah Al-Ummah Batu Mulik Gerung tahun pelajaraan 2016/2017 dilaksanakan dengan baik. Hal ini sebagaimana yang telah diamati oleh peneliti bahwa dari pembelajaran dengan menerapkan metode drill siswa sudah dapat memiliki penguasaan materi pembelajaran yang diharapkan dalam mata pelajaran akidah akhlak dalam waktu yang relatif singkat, para siswa juga sudah mampu belajar secara rutin dan disiplin serta daya serap dan ingatan siswa terhadap bahan pelajaran yang diberikan telah menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Metode Drill;; Mts. Ishlaah Al-Ummah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 24 Apr 2018 08:39
Last Modified: 24 Apr 2018 08:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item