Perdana, Miska (2022) Dampak game online terhadap perilaku sosial keagamaan remaja di Dusun Sembalun Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Miska Perdana 180602120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini mengunakan metode pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenalogis dengan memahami segala aspek perilaku,tindakan remaja bermain game online, serta permasalan yang mucul akibat pengunaan game online, dengan penentuan informasi studi lapangan untuk mengumpulkan data dan memaparkan mengenai kasus yang di angkat oleh seorang peneliti. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Jenis data adalah kualitatif dan bersumber dari data sekunder dan primer dengan teknik analisis data reduksi data (Data Reduction);dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti terdapat 10 remaja yang bermain game online biasanya menghabiskan waktu 6 jam perhari. Beberapa jenis game online yang biasa dimainkan oleh remaja yaitu,Mobile Legends,Free fire,PBUG,Domino Qiu.Adapun tujuan remaja bermain game online adalah keinginan untuk menang, mengisi kekosongan waktu,menghilang stress,menghasil uang dari hasil penjualan akun game online.Adapun dampak negatif pengunaan pengunaan game online terhadap perilaku remaja, yaitu menambah kemalasan remaja,menghabiskan uang perhari buat beli kouta internet,menimbulkan perkelahian terhadap teman akibat kalah dalam bermain game,suka berbicara bohong pada orang tua. Sedangkan pada perilaku keagamaan, yaitu meningalkan ibadah sholat lima waktu, jarang mengikuti kejian keagamaan.Dan dampak positifnya pengunaan game online remaja seperti menambah relasi pertemanan, memperluas komunikasi jejaring media game online, menghasilkan uang, membantu meningkat bahasa inggris. Game online merupakan permainan yang sangat digemari anak remaja, karena game online daya tarik yang membuat orang bermain terlihat bagus tampilan permainannya. Sisi negatif game online hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya remaja menghabiskan waktu di dunia maya atau game online sehingga menyebabkan aktivitas sosial dan keagamaan remaja sering ditingalkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan mendeskripsikan pengunaan game online remaja, serta mengidentifikasi bagaimana dampak pengunaan game online dikalangan remaja di Dusun Sembalun Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: game online; psikologi remaja; prilaku sosial
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:22
Last Modified: 11 Jan 2024 01:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item View Item