Peran guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat berjama’ah siswa kelas VIII A MTs Fathurrahman Jeringo Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Ramli, Lalu Ahmad (2017) Peran guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat berjama’ah siswa kelas VIII A MTs Fathurrahman Jeringo Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Lalu Ahmad Ramli151131121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana peran guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat berjamaah siswa kelas VIII A MTs Fathurrahman Jeringo Kecamatan Gunug Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, adapun peran guru yang diteliti dalam penelitian ini adalah peran guru sebagi pembimbing dan tidak lebih luas dari itu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitan ini dilakukan pada siswa kelas VIII A MTs Fathurrahman Jeringo Kecamatan Gunug Sari Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini melalui redusksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ditemukan bahwa: aktivitas yang dilakoni oleh guru fiqih terutama sebagai seorang pembimbing di MTs Fathurrahman Jeringo dalam membina keidisiplinan siswa berupa: pelaksanaan pembelajaran fiqih di kelas, himbauan shalat berjama’ah, dan pendampingan shalat berjama’ah. Sedangkan strategi yang digunakan guru fiqih sebagai pembimbing dalam membina kedisiplinan shalat berjam’aah siswa melalui penerapan metode pembiasaan, melalui bimbingan khusus, dan pemberian sanksi atau hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Shalat; Berjamaah; MTs Fathurrahman Jeringo
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 24 Apr 2018 08:26
Last Modified: 24 Apr 2018 08:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item