Problema guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII MA Nurussalamah Montong Are Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016

Erwinsyah, Erwinsyah (2016) Problema guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII MA Nurussalamah Montong Are Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Erwinsyah 151111136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Erwinyah (NIM. 15.1.11.1.136), Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa kelas V di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pembimbing 1 Drs. Mustain, M.Ag., Pembimbing II Muhammad Taisir, M.Ag. Salah satu tujuan dan anjuran yang ditekankan dalam Islam adalah mengenai perbaikan akhlak manusia. Akhlak tidak hadir begitu saja, tetapi melalui usaha yang sistematis sebagaimana yang terkonsep dalam Lembaga Pendidikan. Selain Keluarga dan masyarakat, lembaga pendidikan juga mempunyai peran penting dalam usaha pembinaan akhlak siswa. Dalam hal ini, Peran itu ada di pundak Guru, dalam konteks ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Akhir-akhir ini, dalam lingkungan pendidikan sendiri, siswa banyak bersikap kurang sopan dan kurang beretika, baik kepada sesama, kepada guru, dan sikap dalam belajar itu sendiri. Di SDN 19 Ampenan sendiri, masih seringkali terjadi pertengkaran antar siswa, kurang disiplin, berpakaian kurang rapi, keluar masuk di saat jam pelajaran, bolos, buang sampah sembarangan, dan sebagainya. Dari problem tersebut, peneliti ingin melihat bagaimana peran dan kendala guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di dalamnya. Beranjak dari itu, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam membina akhlak siswa kelas V di SDN 19 Ampenan, dan untuk mengetahui faktor pernghambat peran guru PAI dalam membina akhlak siswa kelas V di SDN 19 Ampenan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tekhnik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun temuan penelitian ini yaitu terdapat beberapa usaha yang dilakukan oleh guru PAI dalam membina akhlak siswa kelas V SDN 19 Ampenan, mulai dari memberikan teladan kebaikan dan kedisiplinan sampai pada proses pembiasaan kebaikan. Kemudian dalam proses itu, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam usahanya, baik datang dari dalam sekolah sendiri, lebih-lebih dari luar sekolah. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu; Peran guru PAI dalam membina akhlak siswa kelas V di SDN 19 Ampenan adalah sebagai: Penegak kedisiplinan, pembimbing peserta didik berupa pembiasaan perilaku yang baik, sebagai pengajar dan pemberi tauladan, dan sebagai penegur dan penasehat yang baik bagi peserta didik. Faktor-faktor penghambat dalam membina akhlak siswa, yaitu, Faktor Internal; berupa kurangnya sarana dan prasarana yang memadai dalam menunjang aktivitas-aktivitas pembinaan akhlak. Adapun faktor eksternal yaitu; a). berupa kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan akhlak siswa ketika di luar sekolah, b). Lingkungan tempat bergaul yang kurang baik yang menyebabkan siswa berprilaku kurang baik, c). Pengaruh Tekhnologi dan Informatika, dan d). Kurangnya partisipasi masyarakat dalam melakuka pengontrolan terhadap anak ketika di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220311 Philosophical Psychology (incl. Moral Psychology and Philosophy of Action)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 23 Apr 2018 15:48
Last Modified: 23 Apr 2018 15:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item