Problema guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII MA Nurussalamah Montong Are Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016

Husniati, Endra (2016) Problema guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII MA Nurussalamah Montong Are Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Endra Husniati 151121161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestasi mata pelajaran fiqih, dan apa hambatan guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII di MA Nurussalamah Montong Are Mataram. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini merupakan strategi penelitian untuk memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis induktif artinya peneliti memaparkan peristiwa-peristiwa yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan secara umum. Prestasi mata pelajaran fiqih siswa kelas XII di MA Nurussalamah Montong Are Mataram meningkat terbukti dengan nilai masing-masing memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Akan tetapi ada juga yang masih menurun dan juga tetap yang tidak memenuhi KKM mata pelajaran fiqih yang sudah ditetapkan, seperti nilai KKM yang sudah ditepakan 70 menjadi 65, ada juga siswa yang nilainya itu tetap seperti 70 menjadi 70, dan ada beberapa siswa yang mengalami peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih yang betul-betul eksis itu nilainya menengah ke atas, seperti dari 70 menjadi 89. Sedangkan hambatan guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII di MA Nurussalamah Montong Are Mataram adalah Faktor intern seperti fisiologi dan psikologi (intelegensi, minat, sikap, motivasi) dan kebiasaan sikap siswa dalam proses belajar mengajar dan juga disebabkan oleh faktor ekstern seperti faktor keluarga, faktor masyarakat, dan faktor sekolah, seperti sarana dan prasarana pembelajaran, materi pembelajaran, waktu yang sangat minim, dan Buku paket fiqih yang sangat kurang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problema Guru Fiqih, Prestasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 23 Apr 2018 15:48
Last Modified: 23 Apr 2018 15:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item