Upaya guru bidang studi al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas x di ma al-Ma’arif Qomarul Huda Pembuwun Keling Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Haddadi, Ahmad Arwani (2016) Upaya guru bidang studi al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas x di ma al-Ma’arif Qomarul Huda Pembuwun Keling Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ahmad Arwani Haddadi 151121107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh A.Arwani Haddadi, 2016, (151.121.107), “Upaya Guru Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X DI Ma Al-Ma’arif Qomarul Huda Pembuwun Keeling Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016-2017” jurusan pendidikan agama islam,fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, dosen pembimbing I Dr.H.M.Zaki,M.Pd, dosen pembimbing II Drs.Ziyad ,M.Ag. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tugas utama guru salah satunya adalah mendidik dan membimbing peserta didik untuk belajar serta mengembangkan potensi dirinya, dalam memahami dan menghayati isi kandungan al-Qur’an dibutuhkan juga pemahaman dalam melafadzkan al-Qur’an dengan baik dan benar. Karena pemahaman dalam melafadzkan al-Qur’an menjadi syarat penting yang harus dikuasai siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MA Al-Ma’arif Qomarul Huda Pembuwun dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk mengetahui bagaimana upaya guru bidang studi Al-Qur’an Hadits serta untuk mengetahui kendala yang dihadpi oleh guru bidang studi al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu, penelitian yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan atau menjabarkan masalah yang diteliti sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Dalam mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, dan observai. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa MA Al- Ma’arif Qomarul Huda perlu ditingkatkan lagi, karena masih ada siswa yang tidak lancar dalam membaca Al-Qur’an, ada juga yang tidak paham tentang makhrajul huruf cara melafadzkan dengan baik, ada pula yang tidak paham sama sekali tentang ilmu tajwid dan bahkan ada yang tidak mampu sama sekali dalam membaca Al-Qur’an. Maka upaya guru bidang studi Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa tertuang dalam beberapa hal yaitu: pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum masuk dan sebelum memulai pembelajaran, memberikan motivasi, pemberian tugas dan pemberian hukuman dan penghargaan pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Gura, Meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 23 Apr 2018 15:48
Last Modified: 23 Apr 2018 15:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item