Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui strategi active learning tipe class concern pada mata pelajaran fikih kelas viii di mts ittihadil ummah karang anyar pagesangan timur mataram tahun pelajaran 2016/2017

Juliatun, Juliatun (2017) Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui strategi active learning tipe class concern pada mata pelajaran fikih kelas viii di mts ittihadil ummah karang anyar pagesangan timur mataram tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Juliatun151131234.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi active learning tipe class concern untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VIII berjumlah 14 orang siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 5 perempuan.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru diambil menggunakan lembar observasi.Sedangkan data hasil belajar siswa melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus.Data yang diperoleh dari hasil tes kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif yaitu untuk mencari persentase ketuntasan belajar siswa secara individual dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas belajar siswa39% terkategori kurang aktif dan aktivitas guru 60% terkategori cukup baik.Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat mencapai 71% terkategori aktif dan aktivitas guru 79% terkategori baik. Adapun analisis hasil evaluasi pada siklus I pencapaian nilai rata-rata 69,54 dan persentase ketuntasan klasikal 54, 54% dari 14 siswa hanya 11 orang yang mengikuti tes, 6 orang yang tuntas dan 5 orang yang tidak tuntas. Dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal tersebut masih rendah belum mencapai target yang ditentukan. Pada siklus II yaitu hasil evaluasi yang diperoleh meningkat dengan pencapaian nilai rata-rata 76,53 dan persentase ketuntasan klasikal 85%. Dari 14 siswa hanya 13 siswa yang mengikuti tes, 11 orang yang tuntas dan 2 orang yang tidak tuntas.Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi active learning tipe class concern dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Class concern; Metode belajar; MTs Ittihadil Ummah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 23 Apr 2018 10:58
Last Modified: 23 Apr 2018 11:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item