Perbedaan motivasi belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah diberikan umpan balik pada mata pelajaran fiqih di MTs Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017

Hayati, Izah (2017) Perbedaan motivasi belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah diberikan umpan balik pada mata pelajaran fiqih di MTs Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Izah Hayati151131148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah diberikan umpan balik pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis komparasi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket. Angket tersebut disebar sebanyak dua kali sebelum dan sesudah pembelajaran dengan umpan balik. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VII MTs. Assa’adah Labuapi yang berjumlah 60 orang, karena populasi kurang dari 100 orang maka dalam penelitian ini semua populasi dijadikan sampel sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Berdasarkan hasil analisis data tentang motivasi belajar siswa, ditemukan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebelum diberikan umpan balik sebesar 48,08, sedangkan nilai rata-rata sesudah diberikan umpan balik sebesar 55, 07. Dalam pengujian normalitas, kedua data ternyata berdistribusi normal. Selanjutnya ketika dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t, ditemukan bahwa nilai thitung sebesar - 9,575 dan nilai ttabel sebesar 1,978. Dari penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel (uji dua fihak). Dari hasil analisa data yang telah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah diberikan umpan balik pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk itu sudah sepatutnya bahwa setiap guru hendaknya menerapkan umpan balik ini secara terus menerus dalam kegiatan belajar mengajar guna meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Belajar; MTs Assa’adah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 20 Apr 2018 15:27
Last Modified: 20 Apr 2018 15:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item