Penerapan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V SDN Sisik Timur Kecamatan Pringgarata Tahun Pelajaran 2016/2017

Indriati, Indriati (2017) Penerapan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V SDN Sisik Timur Kecamatan Pringgarata Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Indriati15113121009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Guru PAI dituntut untuk lebih kreatif memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Berdasarkan survei awal bahwa di SDN Sisik Timur dalam menggunakan metode dalam proses belajar mengajar itu masih menggunakan metode ceramah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pelajaran PAI nilai rata-rata 6,60. Jadi perlu dicarikan solusi yang tepat. Pembelajaran partisipatif merupakan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada kelas V SDN Sisik Timur. Adapun rumusan masalah “Bagaimanakah Penerapan Metode Role Playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas V SDN Sisik Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Metodologi penelitian adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui hasil evaluasi belajar siswa. Penelitian adalah untuk menigkatkan prestasi belajar siswa melalu hasil evaluasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus yang memuat tahap, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sisik Timur yang terdiri dari 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan setiap berakhirnya siklus belajar mengajar, lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh gambaran langsung tentang kegiatan belajar mengajar PAI melalui metode Role Playing, data yang didapatkan di analisis dengan menggunakan analisis ketuntasan belajar sebagai indikator penelitian adalah adanya peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkaan rata-rata skor hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 72.50 dengan persentase ketuntasan 75 %, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 87 dengan persentase ketuntasan 75 %. Nilai ini telah memenuhi standar yang ditentukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Role Playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN Sisik Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Role playing; SDN Sisik Timur
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 20 Apr 2018 14:13
Last Modified: 20 Apr 2018 14:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item