Pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Fitriyah, Hul (2017) Pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Hul Fitriyah151131126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (858kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII MTs. Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VII MTs, Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangn Timur Matarm. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif ( deskriptif ). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari guru akidah akhlak dan siswa. instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu meliputi panduan observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan Pembelajaran akidah akhlakdalam membentuk karakter siswa berpengaruh terhadap karakter yang ditampilkan siswa di MTs Ittihadil Ummah; nilai-nilai karakter yang terbentuk pada siswa di MTs Ittihadil Ummah yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, toleransi, cinta damai, demokratis, komunikatif, menghargai prestasi, nasionalisme, cinta tanah air, faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa adalah Sarana dan sumber belajar, Relasi guru dengan siswa, Media Pembelajaran sedangkan faktor penghambat yang hadapi guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter siswa, Kurangnya penguasaan penggunaan media pembelajaran, guru tidak terampil mengadakan variasi metode mengajar, guru kurang memahami karakter masing- masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter; Akidah Akhlak; MTs Ittihadil Ummah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 20 Apr 2018 12:08
Last Modified: 20 Apr 2018 12:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item