Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meingkatkan kemampuan berpikir siswa pada pelajaran fikih kelas VII MTs Putra Al-Ishalahuddiny Kediri, Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Faesal, Hasnan (2017) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meingkatkan kemampuan berpikir siswa pada pelajaran fikih kelas VII MTs Putra Al-Ishalahuddiny Kediri, Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Hasnan Faesal151131239.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Model pembelajaran Problem Solving adalah suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong siswa untuk mencari dan memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran. Berpikir merupakan proses yang “dialektis” artinya selama kita berpikir, pikiran kita dalam keadaan tanya jawab untuk dapat meletakkan hubungan pengetahuan. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir pada diri siswa perlu ada penguasaan terhadap bagian-bagian yang lebih khusus dari kemampuan berpikir tersebut serta melatihnya di kelas. Yang harus diperoleh siswa yang sudah belajar adalah memiliki kemampuan untuk berfikir secara efektif dan efesien untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Pelajaran Fikih Kelas VII MTs Putra Al-Ishlahuddiny Kediri, Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Putra Al-Ishlahuddiny Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir siswa kelas VII MTs Putra Al-Ishalahuddiny meningkat setelah digunakannya model pembelajaran Problem Solving dalam pelajaran Fikih dengan materi pokok Salat Jamak Qasar dan Salat dalam Keadaan Darurat. Peningkatan ini terbukti pada peningkatan kemampuan berpikir siswa dari perolehan Ketuntasan Klasikal siklus I sebesar 78.12 % dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90.25%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I skor sebesar 79 dan meningkat pada siklus II sebesar 98. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I dan siklus II mencapai skor tertinggi sebesar 24.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Berfikir kritis; MTs Putra Al-Ishalahuddiny
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 20 Apr 2018 11:05
Last Modified: 20 Apr 2018 11:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item