Rahman, Yeni (2023) Penerapan model problem based learning berbantuan media papan notasi nilai tempat untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Kelas 4 MIN 3 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
YENI RAHMAN (190106187).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, membuat pembelajaran menjadi tidak menarik. Guru cenderung menggunakan metodeh ceramah dalam menyampaikan materi dan kurang melibatkan siswa secara aktif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan notasi nilai tempat pada muatan pelajaran matematika di kelas IV MIN 3 Kota Mataram tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus.Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanann, pengamatan dan refleksi. Jenis instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi guru dan siswa. Analisi data yang digunakan peneliti adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa atau proses pembelajaran. Sedangkan kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa setiap siklus. Adapun peningkatan hasil belajar siswa yaitu ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 70,58% (siklus I), menjadi 91,17% (siklus II). Sementara pada aktivitas guru mengalami peningkatan dari 72,21 (siklus I) menjadi 91,66 (siklus II) dengan kategori terlaksana dengan baik. Begitu juga dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 66,66 (siklus I) menjadi 88,88 (siklus II) dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut penelitian dinyatakan berhasil dikarenakan ketuntasan klasikal > 85. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan notasi nilai tempat dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV MIN 3 Kota Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, Papan Notasi Nilai Tempat, Hasil Belajar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:56
Last Modified: 04 Dec 2023 03:56
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5166

Actions (login required)

View Item View Item