Penerapan media card sort pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Haerunisa, Haerunisa (2017) Penerapan media card sort pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Haerunisa151131235.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Media sebagai salah satu komponen pendidikan yang harus diterapkan dalam proses pembelajaran, karena media memiliki kedudukan yang sangat penting dalam rangka mewujudkan tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran fiqih dibutuhkan adanya media pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan media card sort karena media card sort dapat membantu memperjelas materi pembelajaran dan mengaktifkan kelas yang kurang kondusif. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media card sort pada mata pelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media card sort pada mata pelajaran fiqih. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk mencari data tentang penerapan media card sort. Sedangan analisis data yang digunakan data kualitatif yaitu kegiatan menganalisa data berupa data yang diperoleh dari penelitian dan informasi yang diberikan oleh responden kemudian dilakukan dengan langkah mereduksi data, paparan data, dan menarik simpulan secara deduksi dan induksi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan peneliti menemukan dua kendala dalam menerapkan media card sort yaitu waktu yang terbatas dan kurangnya sumber belajar. Adapun solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut adalah menambah waktu belajar dan sumber belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media belajar; Metode belajar; MTs Ittihadil Ummah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 19 Apr 2018 13:51
Last Modified: 19 Apr 2018 13:51
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item