Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam supervisi pendidikan di MTs Al-Banun Tanak Beak Dasan Tahun Pelajaran 2016/2017

Fitriani, Fitriani (2017) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam supervisi pendidikan di MTs Al-Banun Tanak Beak Dasan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Fitriani151131223.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pendidikan di MTs Al-Banun Tanak Beak Dasan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang fokus penelitiannya adalah Bagaimanakah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pendidikakan di MTs Al-Banun Tanak Beak Dasan,Bagaimana Teknik supervisi yang di Terapkan Oleh Kepala Sekolah di MTs-Al-Banun Tanak Beak Dasan. Model penelitian ini adalah kualitatif yang mana kehadiran peneliti sangat di perlukan guna mengumpulkan data yang di inginkan sehingga memudahkan pelaksanaan penelitian. Untuk memperoleh data-data penelitian di gunakan observasi,wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa, a). peran kepala sekolah MTs Al-Banun Dalam supervise pendidikan secara umum ada tiga yaitu, pembinaan, bantuan,dan pengawasan) yang semata-mata dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru dan pegawai disana dalam rangka memberikan kualitas pelayanan yang baik untuk membina karakter siswa. Adapun peranannya adalah 1). Dalam hal pembinaan kepala sekolah selalu membina mental guru dan siswa agar cakap dan peka terhadap perkembangan teknologi. 2). Dalam hal bantuan kepala sekolah selalu memberikan dukungan moral terhadap semua guru untuk mengembangkan keterampilan dan kariernya. 3). Dalam hal pengawasan kepala sekolah selalu mengawasi kinerja guru guna perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan terhadap peserta didik . b).teknik supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah MTs Al-Banun Tanak Beak Dasan bersifat situasional dan kondisional. Ada saatnya kepala sekolah melakukan supervisi secara kelompok apabila terdapat permasalahan yang bersifat kolektif dan ada saatnya kepala sekolah melakukan supervisi individual yaitu jika terdapat guru yang memiliki kebutuhan khusus secara pribadi kaitannya dengan penyelenggaraan pendidikan di MTs tersebuut. Adapun dalam penerapan supervise, kepala sekolah dengan cara mengunjungi masing-masing kelas yang sudah di sepakati sebelumnya untuk menganalisis, mendiagnosisi, mengevaluasi, dan memberikan solusi serta tindak lanjut dari hasil supervise klinis atau supervisi langsung tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi; Kepa sekolah; MTs Al-Banun
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 19 Apr 2018 13:07
Last Modified: 19 Apr 2018 13:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item