Saputra, Maulana (2023) Implementasi Pembelajaran Pendididikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Toleransi Beragama Di Smpn 1 Praya. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Febrian Maulana Saputra 190101213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki ribuan pulau. Di Indonesia sendiri berbagai suku, ras, agama, adat istiadat dan budaya tersebar.Semua ini menjadi ciri khas Indonesia yang dikenal sebagai negara multikultural di dunia. Selain itu masyarakat Indonesia juga dikenal menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong (kerja sama sosial) dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pendidikan Agama Islam terpadu dalam pendidikan ruhiyah, fikriyah dan amaliyah (aktivitas). Nilai Islam yang ditanamkan dalam diri individu membutuhkan tahapan-tahapan selanjutnya dan dikembangkan pada pemberdayaan di segala sektor kehidupan manusia. Potensi yang dikembangkan tersebut kemudian diarahkan pada merealisasikan potensi dalam berbagai kehidupan. Pendidikan yang diajarkan Allah SWT melalui Rasul-Nya bersumber kepada Al Qur'an sebagai rujukan dan pendekatan agar dengan tarbiyah diharapkan akan mampu membentuk masyarakat yang sadar dan menjadikan Allah sebagai Illah saja, maka kehidupan mereka akan selamat di dunia dan akhirat. Hasil ilmu yang diperolehnya adalah kenikmatan yang besar, yaitu berupa pengetahuan, harga diri, kekuatan dan persatuan. Toleransi beragama menjadi komponen penting dalam memupuk persatuan dan kesatuan bangsa, dengan toleransi beragama kerukunan dan keharmonisan di antara pemeluk agama dan sesama warga masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Praya? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Praya? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dekriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Penelitian deskriptif memusatkan perhatian pada masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri""dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, diantaranya faktor pendukung terdiri dari dukungan warga SMPN 1 Praya, tata tertib sekolah, sumber belajar, kemampuan pendidik dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat hanya terdiri dari adaptasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:22
Last Modified: 23 Nov 2023 04:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5105

Actions (login required)

View Item View Item