Pengaruh keterampilan guru dalam penerapan media terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di MA NW Bagik Polak Tahun Pelajaran 2015/2016

Burhanudin, (2016) Pengaruh keterampilan guru dalam penerapan media terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di MA NW Bagik Polak Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Burhanudin151101210.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Penerapakan Media Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA NW Bagik Polak Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA NW Bagik Polak sebagai sumber untuk mendapatkan data tentang pengaruh keterampilan guru dalam menerapkan media. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi.Metode angket disebarkan kepada Guru kelas X untuk mendapatkan data tentang pengaruh keterampilan guru dalam menerapkan media. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dilakukandengan cara menghitung data menggunakan teknik perhitungan regresi linier sederha. Hasil perhitungan tersebut selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pedoman interpretasi nilai koofisien korelasi. Hasil analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan guru dalam penerapkan media diperoleh -0,354. Setelah dikonsultasikan dengan tabel pedoman interpretasi nilai koofisien korelasi dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki korelasi “Rendah”. Adapun pengaruh yang dihasilkan adalah pengaruh negatif yang ditandai dengan tanda – (minus) pada hasil yang diperoleh yaitu -0,354.Adapun konstribusi variabel x terhadap variabel y melalui hasil analisis koofisien determinasi sebesar 61%.Berarti hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan guru dalam menerapkan media terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA NW Bagik Polak Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Media Belajar; Metode Mengajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 19 Apr 2018 12:37
Last Modified: 19 Apr 2018 12:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item