Nihajatullaili, Nihajatullaili (2023) Pengaruh pembelajaran matematika berbasis pengembangan akhlak mulia terhadap sikap disposisi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
NIHAJATULLAILI 170103037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Siswa perlu memiliki disposisi matematis yakni sikap yang positif dalam belajar matematika karena konsep matematika yang abstrak membutuhkan sikap seperti percaya diri, gigih, ingin tahu, dan berpikir fleksibel dalam melaksanakan berbagai kegiatan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berbasis pengembangan akhlak mulia terhadap sikap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain post test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas VII MTs Darul Kamilin Jati Bakan tahun ajaran 2022/2023. Melalui teknik purposive sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen (n= 20) dan kelas VII B sebagai kelas control (n= 20). Pengumpulan data menggunakan angket disposisi matematis. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa ada pengaruh pembelajaran matematika berbasis pengembangan akhlak mulia terhadap sikap disposisi matematis siswa. Hasil perhitungan data dengan menggunkan rumus uji t independent samples t test yang diperoleh hasil data disposisi matematis siswa nilai t tabel adalah sebesar 2.02439, maka nilai t hitung sebesar 2,212 > t tabel 2.0243. Sehingga pada penelitian ini hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika berbasis pengembangan akhlak mulia terhadap sikap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika berbasis akhlak mulia, Disposisi matematika"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:33
Last Modified: 22 Nov 2023 07:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item