Peranan pengurus masjid dalam memakmurkan masjid al-Achwan perumahan Griya Pagutan Indah Kota Mataram

Kurniawan, Andri (2016) Peranan pengurus masjid dalam memakmurkan masjid al-Achwan perumahan Griya Pagutan Indah Kota Mataram. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Andri Kurniawan_NIM.15.1.12.1.070_Compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran pengurus masjid dalam memakmurkan masjid serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam memakmurkan masjid Al-Achwan perumahan Griya Pagutan Indah Kota Mataram. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini merupakan strategi penelitian untuk memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peran pengurus masjid dalam memakmurkan masjid Al-Achwan perumahan Griya Pagutan Indah sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan diselengarakan di masjid, seperti kegiatan pembangunan, kegiatan ibadah, kegiatan keagamaan dan kegiatan pendidikan. Peran pengurus masjid dalam memakmurkan masjid dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya berupa tersusunnya program kegiatan, adanya komunikasi dan kerja sama yang baik, adanya remaja masjid dan tersedianya dana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah penceramah dan jamaah terkendala waktu, kurangnya antusias dan partisifasi jamaah, kesibukan pengurus masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pengurus Masjid dan Memakmurkan masjid
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 19 Apr 2018 12:15
Last Modified: 19 Apr 2018 12:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item