Rismawati, Rismawati (2023) Dampak penggunaan media sosial terhadap erkembangan usaha di Kelurahan Tanjung Karang Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

This is the latest version of this item.

[img] Text
RISMAWATI (190105083).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pengunaan media sosial yang dilakukan oleh pelaku usaha di Kelurahan Tanjung Karang dan mendeskripsikan dampak penggunaan media sosial terhadap perkembangan usaha di Kelurahan Tanjung Karang pada tahun 2023. Yang dilatar belakangi oleh perhatian penulis bahwa para pelaku usaha di Kelurahan Tanjung Karang berupaya menarik perhatian konsumen yang dilakukan dengan menerapkan kegiatan promosi melalui media sosial. Hal ini dilakukan oleh para pelaku usaha di Kelurahan Tanjung Karang untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang didukung oleh sumber data primer yaitu hasil wawancara 14 orang informan. Lalu didukung oleh hasil observasi dan dokumentasi kegiatan selama proses penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pemanfaatan media sosial bisa dilakukan dengan empat cara yaitu menentukan target pasar, menentukan media sosial yang digunakan, rajin membuat konten yang menarik dan unik, dan berkolaborasi dengan influencer potensial. (2) penggunaan media sosial untuk memasarkan produk dan jasa memberikan dampak bagi perkembangan usaha yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positif menggunakan media sosial untuk memasarkan produk membuat produk lebih dikenal, meningkatkan penjualan, dan efektif dan praktis. Dampak negatif menggunakan media sosial untuk memasarkan produk membuat munculnya banyak pesaing dan rentan penipuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media Sosial, Perkembangan Usaha"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:05
Last Modified: 20 Nov 2023 04:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5081

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item