Abdurrahman, Abdurrahman (2023) Strategi pengembangan kecerdasan emosional santri di Yayasan Pondok Pesantren Attohiriyah Alfadiliyah Bodak Lombok Tengah. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Abdurrahman 210401036_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mengenai cara-cara yang dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki hubungan dengan pengembangan kecerdasan emosional santri, dengan adanya strategi tersebut diharapkan kecerdasan emosional santri dapat berkembang dengan mudah tampa harus mengorbankan hal yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui bagaimana strategi pengembangan kecerdasan emosional santri, dan bagaimana kualitas kecerdasan emosional yang dikembangkan di Yayasan Pondok Pesantren Attohiriyah Alfadiliyah Bodak Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan emosional santri adalah berupa (1) pengajian kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab Al-Akhlak Lil Banin, (2) Hindari kritik yang berlebihan, komentar yang menghina, atau mengolok-olok anak, (3) Gunakan anjang-anjang dan pujian untuk melatih anak, (4) Mengajarkan bersikap jujur, (5) Pembiasaan atau mengelola emosi. Selanjutnya kualitas kecerdasan emosional santri putra di Yayasan Pondok Pesantren Attohiriyah Alfadiliyah Bodak Lombok Tengah, ratarata dalam mengelola amarah dan rasa cinta relatif sangat bagus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan; emosional; psikologi pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2023 00:38
Last Modified: 20 Nov 2023 00:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5070

Actions (login required)

View Item View Item