Marwani, Marwani (2023) Efektifitas strategi generating interaction between schemata dan teks (GIST) untuk meningkatkan kemampuan menulis recount teks siswa Kelas 10 Madrasah Aliyah Nurul Haq Karang Bejelo Praya Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Marwani 180107027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diajarkan dengan Generating Interaction between Schemata and Text (GIST) dalam pengajaran teks recount. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pra-eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 23 siswa X IPS MA Nurul Haq Karang Bejelo, Praya tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih berdasarkan Purposive Sampling. Instrumen penelitiannya adalah tes dan dokumen. Pengumpulan data adalah nilai pre-test dan nilai post-test siswa yang dihitung dan dianalisis dengan menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 47,8 dan nilai rata-rata post-test adalah 78 yang berarti rata-rata posttest lebih tinggi dari rata-rata pre-test (47,8>78), Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan strategi GIST dapat meningkatkan ringkasan tulisan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil Paired Sample Test pada skor pre-test dan post-test yang menunjukkan nilai sig. (2-tiled) adalah 0,00. Oleh karena itu, ini berarti bahwa terdapat dampak yang signifikan dalam penelitian ini yang menggunakan strategi GIST untuk meningkatkan ringkasan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menghasilkan interaksi antara skema dan teks (GIST); menulis ringkasan, teks recount
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:19
Last Modified: 06 Nov 2023 07:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4996

Actions (login required)

View Item View Item