Gufran, Gufran (2023) Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam Ekonomi Islam (Studi Kasus: Alfamart dan Salamart, Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Gufran 70501010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Salamart dan Alfamart. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan Metode pendekatan kuantitatif, dan bersifat lomparatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung ke pusat perbelanjaanSalamart dan Alfamart. Penentuan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Besarnya sampel didasarkan pada kriteria responden yang dibutuhkan peneliti dan terpilih 25 konsumen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil uji t analisis regresi harga (X1) pada Salamart berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan sig 0,007 < 0,05,sedangkan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan sig 0,000 < 0,05.Pada Alfamart dapat disimpulkan bahwa harga(X1) berpengruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan sig 0,000 < 0,05, sedangkan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y)dengan sig 0,001 < 0,05. Hasil uji F analisis regresi disimpulkan bahwa secara simultan harga (X1) dan kualitas layanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Salamart danAlfamart. Dari hasil uji t secara parsial dan uji F secara simultan, disimpulkan bahwa terdapatpengaruh yang signifikan antara harga dan kualitas pelayanan yang terhadap kepuasan konsumen pada Salamart dan Alfamart.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:11
Last Modified: 03 Nov 2023 08:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4989

Actions (login required)

View Item View Item