Hamda Indriani, Baiq (2023) Strategi pengembangan produk japanese food berbasis UMKM (Studi Kasus UMKM The Hungry Sushi). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq Hamda Indriani 190501244.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa pengembangan produk serta strategi apa yang dilakukan oleh UMKM The Hungry Sushi dalam mengembangkan produknya, mengingat UMKM ini tergolong baru apabila dilihat dari tahun berdirinya, yaitu pada tahun 2020 jika dibandingkan dengan UMKM lain yang berada di kota Mataram. Hal ini bisa dinilai dari cabang usaha yang sudah dimiliki oleh UMKM ini ialah sebanyak 4 cabang. Meski terdapat banyak UMKM besar di kota Mataram yang menjual prodak Japanes Food, seperti ichiban sushi, peco- peco sushi dan lain sebagainya. Namun The Hungry Sushi yang tergolong baru ternyata mampu bersaing dengan UMKM-UMKM besar tersebut. Berdasarkan fakta yang ada, maka peneliti ingin meneliti bagaimana perkembangan dan strategi pengembanan produk UMKM The Hungry Sushi terkait olahan Japanes Food yang menjadi menu utamanya. Adapaun jenis penelitian yang diangkat peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan bersifat deskriptif. Sehingga data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berbentuk kata-kata menjelaskan, menggambarkan yang perolehan datannya meliputi transkip interview, catatan lapangan, dan yang sejenis. Sumber data yang ditemukan dalam penelitian ini berdasarkan data primer dan skunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya ialah melalui teknik observasi, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Dan juga untuk mengetahui keabsahan data pada penelitian ini maka peneliti menggunakan trianggulasi seumber perpanjangan waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM The Hungry Sushi (1) Mengembangkan produknya dengan banyak cara yaitu branding produk, menjalin kerjasama dengan platform online, delivery makanan dan mengevaluasi menu tiap beberapa bulan sekali. (2) Strategi pengembangan produknya dilakukan dengan cara menginovasi produk setiap 3 bulan, memperbaharui produk lama yang kurang diminati, gencar melakukan promo, peka terhadap trand dan Promosi."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi, pengembangan produk, Japanese food, UMKM"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150102 Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:29
Last Modified: 03 Nov 2023 06:29
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4985

Actions (login required)

View Item View Item