Penggunaan media audio visual kartun (Arab) untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas VIII MTs AL-Khair Ambung Masbagik Timur Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/2014

Husna, Nurul (2014) Penggunaan media audio visual kartun (Arab) untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas VIII MTs AL-Khair Ambung Masbagik Timur Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nurul Husna 151092067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (723kB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi dan alat berpikir satu individu dengan individu yang lain. Bahasa Arab dalam dunia pendidikan Indonesia pada perkembangannya memiliki sederatan problema mulai dari masalah linguistic (tata bahasa, mufradat, pola kalimat dsb.) sampai pada masalah non linguistic (termasuk inovasi pembelajaran, minat siswa dsb.). Stigma yang berkembang dimasyarakat menunjukkan belajar bahasa Arab masih dianggap sulit dan rumit, padahal setiap bahasa memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda tergantung dari karakteristik sistem bahasa itu sendiri, baik sistem fonologi, morfologi, mufradat, maupun sintaksis dan semantiknya.Media Audio Visual berorientasi pada keaktifan belajar siswa sehingga mendukung penguasaan siswa akan kosakata melalui Media pada proses pembelajaran. Audio visual kartun (Arab) sebagai gabungan teknik dan media pembelajaran dalam penggunaannnya sangat relevan dengan pembelajaran bahasa Arab. Teknik ini mampu mendongkrak kemampuan berbahasa dari peserta didik khususnya pada materi kosakata (mufradat). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan 2 siklus penelitian. Masing-masing siklus merupakan prosedur penelitian yang meliputi tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Standar Ketuntasan minimal 65 dengan ketuntasan klasikal 85% dari jumlah subjek penelitian. Penelitian bertujuan meningkatkan penguasaan siswa terhadap kosakata bahasa Arab di MTs al-Khair Ambung Masbagik Timur Lombok Timur. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan Media Audio Visual sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII MTs aL-Khair Ambung Masbagik Timur Lombok Timur . Hasil tes belajar kosakata menunjukkan: pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 42,93, pada siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata 59,31 dan pada Siklus II mencapai 70,17.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual,Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040999 Arabic Linguistics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 17 Apr 2018 12:23
Last Modified: 17 Apr 2018 12:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item