Dwi Praciliya, Rozita (2023) Perbandingan strategi promosi pariwisata Desa Sade dan Desa Ende dalam mempertahankan identitas masyarakat lokal. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Rozita Dwi Praciliya 190301066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Munculnya fenomena pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat merupakan bentuk kritik terhadap pengelolaan pariwisata. Pariwisata berbasis komunitas (Community Based Tourism) CBT merupakan suatu konsep pengelolaan pariwisata yang mengutamakan partisipasi aktif masyarakat dengan tujuan memberikan kesejahteraan dengan tetap menjaga kualitas lingkungan dan melindungi sosial budayanya. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan strategi promosi wisata desa Sade dan Ende dalam mempertahankan identitas masyarakat lokal serta faktor penghambat dan pendukung strategi promosi wisata desa Sade dan Ende. Penelitian ini menggunakan teori bauran promosi, khususnya periklanan, promosi penjualan langsung, hubungan masyarakat dan promosi penjualan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif komparatif yang meliputi penyajian data, analisis data, dokumentasi, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan Perbandingan strategi promosi desa Sade dan desa Ende. Desa desa Sade menekankan pada aspek strategi periklanan offline, khususnya dari mulut ke mulut. Strategi periklanan Desa Ende menekankan pada aspek strategi periklanan online dan offline, dimana Desa Sade aktif di media sosial, Instagram, Facebook, Web, menyebarkan brosur. Faktor penghambat Desa Sade relatif rendah karena Desa Sade lebih banyak dikenal masyarakat sedangkan Desa Ende banyak menghadapi tantangan dalam membangun branding, kemampuan membaca peluang pun masih kurang padahal aset budaya yang dikembangkan sama. Adapun faktor pendukung Desa Sade adalah pemerintah, SDM, atraksi wisata, keamanan dan kenyamanan dan sarana prasarana sedangkan faktor pendukung Desa Ende antara lain pemerintah, dunia usaha, infrastruktur dan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Pemasaran, Bauran Promosi, Pariwisata, Desa Sade, Desa Ende."
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150403 Real Estate and Valuation Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150404 Sport and Leisure Management
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160402 Recreation, Leisure and Tourism Geography
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160513 Tourism Policy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:46
Last Modified: 02 Nov 2023 02:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item