Fauziah, Fara (2023) Peran organisasi kerukunan anak ende (KAE) dalam menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa perantau di Lombok (Studi Pada Kerukunana Anak Ende (KAE) NTT Mataram). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
FARA FAUZIAH 180303017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Mahasiswa perantau yang tergabung dalam organisasi kerukunan Anak Ende (KAE) memiliki kesamaan permasalahan sebelum masuk organisasi tersebut yaitu menunjukkan adanya rasa kurang percaya diri (insecure), sulit bergaul dengan orang baru (anti social), memiliki mental yang lemah bahkan merasa kurang akan kemampuan dirinya. Dibentuknya organisasi daerah ini bertujuan agar menjadi sarana kontribusi bagi mahasiswa perantau yang mempunyai kepercayaan diri yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi anggota KAE. Dari data yang di dapatkan ada 20 orang anggota yang mempunyai permasalahan kepercayaan diri yang rendah, tetapi peneliti mendapatkan hanya 7 orang yang bersedia untuk diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) hasil kegiatan diskusi, keagamaan, seni budaya dan olahraga yakni ketiga kegiatan ini memiliki dampak positif menumbuhkan kepercayaan diri mereka, seperti menumbuhkan kemampuan diri, menumbuhkan sikap optimis, mengurangi sikap anti sosial, dapat beribacara di depan umum, saling menghargai, mengurangi tingkat stress, berani mengambil resiko serta dapat mengontrol emosi; (2) faktor pendukung dan penghambat organisasi KAE dalam menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa perantau yakni faktor dari diri mereka sendiri yaitu sikap mereka untuk konsentrasi setiap kegiatan yang diikuti, mampu bersosoialisasi dengan baik, dan faktor dari luar yakni""lingkungan sosial, yaitu teman-teman pengurus atau se-kos bertanggung jawab untuk mengarahkan setiap anggotanya untuk mengikuti program-program yang ada di organisasi KAE. Sedangkan faktor penghambatnya yakni malu dan tidak mudah bersosialisasi dengan orang baru, mengkikuti organisasi selain organisasi KAE, kendala transportasi, sedangkan faktor lingkungan sosial (pengurus) yakni masih kurang kedekatan satu sama lain karena berasal dari berbeda-beda daerah dan perguruan tinggi."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Organisasi; Kepercayaan Diri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:34
Last Modified: 02 Nov 2023 01:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item View Item