Firman, Firman (2023) Strategi promosi dinas kebudayaan dan pariwisata Nusa Tenggara Barat dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Firman 190301045 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi sumber devisa Negara, yang dapat diharapkan menjadi penentu dalam perkembangan ekonomi Negara, sedangkan Dinas Kebudayaa dan Pariwisata NTB merupakan instansi pemerintah yang membantu urusan pemerintah di bidang pariwisata. Adapun rencana strategis Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat yaitu, Pengembangan pemasaran pariwisata; promosi pariwisata melalui bauran promosi seperti branding, advertising, dan sales secara intensive dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui strategi promosi dan media promosi yang digunakan Dinas Pariwisata NTB dalam meningkatkan minat wisatawan, yang dimana memulihkan sektor pariwita yang sempat terhambat oleh bencana gempa dan disusul oleh pandemi Covid-19 yang dampaknya sangat terasa khusunya di bidang pariwisata. yaitu dengan memperkenalkan kembali suatu destinasi untuk menarik minat wisatawan, salah satunya adalah membuat promosi dengan bersosialisasi baik secara langsung maupun melalui media sosial. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) strategi promosi yang digunakan Dinas Pariwisata Provinsi NTB yaitu melalui bauran promosi (promotional mix) antara lain: periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), dan hubungan masyarakat (public relations). 2) Media promosi yang digunakan: media cetak, media luar ruang, media elektronik, dan media internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi promosi; komunikasi pariwisata; NTB; ,wisatawan
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200207 Sasak, Samawa, or Mbojo Cultural Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:35
Last Modified: 31 Oct 2023 02:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4943

Actions (login required)

View Item View Item