Mashuri, Lalu Muh. Hatim (2023) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi diri guru dan prestasi akademik siswa di SMP Islam Kecamatan Pujut. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lalu Muh. Hatim Mashuri 210403011 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi diri guru dan prestasi akademik siswa di SMP Islam Kecamatan Pujut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang merupakan penelitian yang didasari dari penglaman subjektif yang dialami pada diri individu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ada tiga hal yang ditemukan: (1) Gaya kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Pertama Islam Kecamatan Pujut menggunakan gaya kepemimpinan demokratis-partisipatif dimana kepala sekolah selalu bersama guru-guru melakukan musyawarah dalam menentukan arah kebijakan atau keputusan. (2) Dalam memotivasi guru, kepala sekolah melibatkan semua guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan diri, kepala sekolah memberikan reward atas ketercapaian pembelajaran dan memberikan insentif di setiap semester. (3) Prestasi akademik maupun non akademik siswa mengalami peningkatan setiap semester yang disebabkan dari manajemen kepala sekolah dalam mengelola siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan; kepala sekolah; motivasi diri; guru; prestasi akademik
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:00
Last Modified: 19 Oct 2023 07:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item View Item