Muhdar, Ismail (2023) Manajemen mutu pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada MTs Negeri 2 Lombok Tengah. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ismail Muhdar 190403020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Madrasah merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistim pendidikan Nasional. Salah satu persoalan yang dihadapi oleh madrasah adalah terkait manajemen mutu pendidikan. MTSN 2 Lombok Tengah adalah sebuah lembaga yang dijadikan obyek penelitian terkait manajemen mutu pendidikan berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Rancangan penelitian menggunakan studi kasus yang dilakukan di MTSN 2 Lombok Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui member check, dan diskusi dengan teman sejawat Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Manajemen Mutu pendidikan di MTSN 2 Lombok Tengah mengacu pada Kurikulum Nasional dengan memiliki sumber daya manusia pendidik dan Tenaga Kependidikan yang memiliki kompotensi sumber daya manusia yang profesional dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada MTSN 2 Lombok Tengah. (2) Pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi memberikan hal yang sangat baik, terutama dalam hal pemanfaatan pembelajaran lebih praktis, pemanfaatan waktu lebih optimal dan pemanfaatan materi lebih mudah dan bervariasi. Sehingga peserta didik sangat antusias dalam proses pembelajaran. Kedua pemanfaatan media teknologi informasi memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran peserta didik dalam meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran. Selain menyenangkan juga dapat membangkitkan motivasi, semangat dalam mengikuti pembelajaran di Madrasah. (3). Pelaksanaan pembelajaran di MISN 2 Lombok Tengah mengacu pada kurikulum nasional di mulai melakukan perencanaan dan pembentukan Tim Pengembang Kurikulum, perumusan kerangka dasar kurikulum berdasarkan landasan filosofis, yuridis dan teoritis, penyusunan struktur kurikulum dan standar kompetensi berdasarkan Kurikulum Nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: mutu; pendidikan; teknik informasi; komunikasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:53
Last Modified: 19 Oct 2023 06:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item View Item