Habiburrahman, Habiburrahman (2023) Manajemen perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Habiburrahman 210403039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perguruan tinggi dikatakan bermutu tentu memiliki indikator-indikator di dalamnya. Indikator inilah menjadi tolok ukur sehingga perguruan tinggi tersebut menjadi pilihan utama untuk berbondong-bondong memasukinya. Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki peranan penting dalam pembangunan bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, Mengetahui implementasi manajemen Perguruan Tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur. Kedua, Mengetahui implikasi manajemen Perguruan Tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif dengan teknik observasi partisifasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan pengolahan datanya dilakukan analisis data dari berbagai sumber dengan cara menelaah seluruh data kemudian melakukan uji keabsahan data dengan memperpanjang keikutsertaan, pengecekan anggota, uraian rinci, audit ketergantungan dan audit kepastian yang disepakati oleh lembaga yang diteliti. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Implementasi manajemen Perguruan Tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur dilakukan dengan cara merumuskan dan mengimplementasikan: Pertama, Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi. Kedua, Dokumen Mutu LPM (SPMI). Ketiga, Rencana Induk Pengembangan (RIP). Keempat, Rencana Strategis Institut. Kelima, Rencana Operasional (Renop). (2) Implikasi manajemen perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur teraktualisasi melalui delapan kriteria yaitu; Pertama, Implikasi Manajemen Visi, Misi, Tujuan dan Strategi. Kedua, Implikasi Manajemen Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama. Ketiga, Implikasi Manajemen Mahasiswa. Keempat, Implikasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Kelima, Implikasi Manajemen Keuangan, Sarana dan Prasarana. Keenam, Implikasi Manajemen Pendidikan. Ketujuh, Implikasi Manajemen Penelitian. Kedelapan, Implikasi Manajemen Pengabdian kepada Masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen; perguruan tinggi; mutu; pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 18 Oct 2023 00:43
Last Modified: 18 Oct 2023 00:43
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4905

Actions (login required)

View Item View Item