Umaidi, Umaidi (2023) Pembelajaran ilmu nahwu menggunakan metode eklektik dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di Pondok Pesantren Darul Habibi dan Pondok Pesantren Darul Mujahidin As-Syafi’i. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Umaidi 210406015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan metode eklektik dalam pembelajaran ilmu nahwu dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di Pondok Pesantren Darul Habibi dan Pondok Pesantren Darul Mujahidin As-Syafi’i. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Adapun untuk analisisnya, peneliti menggunakan metode analisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data lisan atau verbal dari guru dan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran, sehingga peneliti berusaha menggambarkan secara utuh. situasi aktual di Pondok Pesantren Darul Habibi dan Pondok Pesantren Darul Mujahidin As-Syafi’i. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode eklektik dalam pembelajaran ilmu nahwu dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui tiga tahap, yaitu tahap pertama perencanaan pembelajaran, yang meliputi perencanaan tujuan pembelajaran, perencanaan materi pembelajaran, perencanaan metode pembelajaran, dan perencanaan media pembelajaran dan perencanaan sarana pembelajaran. Tahap kedua adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode-metode yang di tentukan oleh guru dalam langkah-langkah pembelajaran. Metode eklektik yang digunakan guru dalam pembelajaran ilmu nahwu adalah gabungan dari metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode latihan. Tahap ketiga adalah evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada aspek kognitif dengan menggunakan teknik tes setiap pertengahan semester dan setiap akhir semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran imu nahwu; metode eklektik; kemampuan membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:24
Last Modified: 16 Oct 2023 02:24
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4896

Actions (login required)

View Item View Item