Syaripudin, Syaripudin (2023) Peran etika komunikasi islam dalam mempersuasi calon anggota koperasi syariah di Kabupaten Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Syaripudin 210405015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Lombok Timur merupakan wilayah dengan koperasi syariah terbanyak di Provinsi NTB, penduduk mayoritas muslim mencapai 1,35 juta jiwa atau 99,92%. Namun dalam konteks perekrutan calon anggota dan pemasaran produk jasa koperasi syariah, hal tersebut belum bisa menjadikan koperasi syariah mudah diterima oleh masyarakat. Beberapa kendala di lapangan sering ditemui oleh Pekerja Lapangan, mulai dari kurangnya literasi dan informasi, krisis kepercayaan dan persepsi negatif, hingga banyak calon anggota yang trauma karena adanya oknum pekerja lapangan koperasi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengambilan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Proses penelitian intensif dilakukan selama 5 bulan dengan melibatkan narasumber utama, informan terpercaya, dan analisis mendalam pada Pekerja Lapangan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bentuk etika komunikasi Islam yang diterapkan Pekerja Lapangan dalam proses perekrutan calon anggota dan menganalisis kontribusi etika komunikasi islam dalam mempersuasi calon anggota koperasi syariah. Pada penelitian ini ditemukan bahwa bentuk etika komunikasi islam yang di gunakan oleh Pekerja Lapangan dalam proses perekrutan calon anggota adalah Qaulan Ma’rufa dan Qaulan Layyin untuk mengatasi kurangnya informasi dan literasi calon anggota terhadap koperasi syariah. Qaulan Baligha untuk memetakan konsep dan pendekatan komunikasi yang paling tepat di gunakan supaya calon anggota dapat bergabung dengan koperasi syariah. Qaulan Sadida sebagai solusi pemecah kebuntuan atas krisis kepercayaan calon anggota terhadap koperasi syariah dan trauma yang di alaminya karena oknum koperasi syariah lainnya. Sedangkan untuk peran, terdapat beberapa peran etika komunikasi islam dalam mempersuasi calon anggota koperasi syariah, yaitu peran edukatif, peran sosial, peran kultural, dan peran keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: etika komunikasi islam; teknik persuasif; koperasi syariah
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:11
Last Modified: 11 Oct 2023 01:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4858

Actions (login required)

View Item View Item