Wahyuni, Sopia (2023) Pembelajaran ilmu arudh menggunakan kitab Mukhtasar Syafi’I dipondok Khusus Putri As-Syukri Jeringo Lombok Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sopia Wahyuni 190102141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh syair arab yang ada dikitab Mukhtasar Syafi’i yang mengatakan “ Nahwu, Sharaf, arudh kemudian qawafi, dan setelahnya variasi Bahasa dan insya, khat, ilmu bayan, ilmu ma’ani dengan guru dan beberapa variasi adab yang mulia” Adapun kitab yang digunakan oleh santriwati pondok khusus putri jeringo adalah kitab mukhtasar syafi’i karangan dari ketua Yayasan pondok khusus As-Syukri jeringo. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran Ilmu Arudh menggunakan Kitab Mukhtasar Syafi’i dipondok Khusus Putri Jeringo (2) Apa saja permasalahan dan solusinya dalam pembelajaran Ilmu Arudh menggunakan Kitab Mukhtasar Syafi’I dipondok Khusus Putri As-Syukri Jeringo ? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan skunder. Dan adapun sumber data primer berasal dari santri dan guru yang mengajar kitab mukhtasar syafi’i Adapun sumber data skunder berasar dari ketua pondok dan para guru yang ada dipondok. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi, Adapun langkah – langkah pengumpulan data ialah persiapan, pengumpulan data dan menyusunnya. Hasil penelitian ini bahwasnnya proses pembelajaran Ilmu Arudh menggunakan Kitab Mukhtasar Syafi’i dipondok Khusus Putri As-Syukri Jeringo dimulai: 1). Guru melakukan persiapan sebelum mulai pembelajaran dengan mempelajari materi, mempersiapkan materi, 2).Membaca do’a sebelum belajar. 3). Sebelum memulai pembelajaran para santriwati membaca kitab alfiyah ibnu malik. 4). Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 5). Guru menjelaskan materi pembelajaran. 6). Guru memberikan tugas membuat syair sesuai materi yang dijelaskan. 7.) Guru mnutup pembelajaran dengan membaca do’a. adapaun problematika yang dihadapi oleh para guru dan santriwati dalam pembelajaran itu ada problematika dari luar, yaitu 1). Kecerdasan santriwati yang berbeda, guru memilih cara mengajar yang sesuai 2). Waktu yang sedikit karna pembelajarn ilmu arudh dilaksanakn dari setelah magrib sampai isya, guru menambahkan jadwal. 3). Santriwati yang tidak mengerjakan tugas lebih dari tiga kali, guru memberikan sanksi berupa menghafal kitab matan jurmiyah tanpa melihat kitab. Adapaun permasalah dari dalam, yaitu : 1). Siswa yang gampang lupa, guru memberikan banyak latihan – latihan. 2.) suasana hati yang tidak menentu, guru memberikan dukungan, semangat dan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ilmu arudh; kitab mukhtasar syafi’i
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:23
Last Modified: 06 Oct 2023 02:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item