Astuti, Sri (2023) Kemampuan berpikir kritis matematik siswa dalam menyelesaikan soal menggunakan Metode Graded Response Models (GRM). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sri Astuti 160103081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal menggunakan Metode Graded Response Models (GRM) di MTs Istiqlalyah Nowa Woja Kelas VIII Tahun Pelajaran 2022/2023.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Istiqlalyah.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa dan dipilih menggunak tehnik purposive sampling.Tahapan pertama yang dilakukan adalah memberikan tes kemampuan berpikir kritis matematik menggunakan Graded Response Models (GRM) yang berupa tes uraian atau essay kepada siswa kelas VIII yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis matematik siswa menggunakan metodeGradedResponseModel (GRM), peneliti memilih 6 orang siswa, yaitu 2 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, 2 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang dan 2 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah untuk diwawancara terkait dengan jawaban yang sudah mereka tuliskan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dari subjek tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara.Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa model pensekoran memberikan skor dengan metode GRM, efektif untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematik siswa.Terdapat 5 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, 13 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis sedang, dan 2 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis matematik, gradedresponsemodels
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:26
Last Modified: 05 Oct 2023 03:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4826

Actions (login required)

View Item View Item