Minarti, Novitasari (2021) Problematika peserta didik dalam penggunaan whatsapp sebagai sarana pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19 di Kelas III MIN 4 Lombok Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
NOVITASARI MINARTI 170106008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) problematika peserta didik dalam penggunaan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di kelas III MIN 4 Lombok Tengah, (2) upaya dalam menghadapi problematika peserta didik dalam penggunaan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di kelas III MIN 4 Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik penelitian dengan cara pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan tehnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Sumber data penelitian ini diperoleh yaitu peserta didik, guru kelas III dan orang tua peserta didik. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan bahwa: (1) problematika peserta didik dalam penggunaan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di kelas III MIN 4 Lombok Tengah yaitu: problematika yang bersifat internal meliputi peserta didik terkendala dalam memahami materi pelajaran, peserta didik kurang mandiri dalam megerjakan tugas. Problematika yang bersifat eksternal meliputi hambatan atau gangguan sinyal, harga kuota yang kurang terjangkau, card atau memori telpon cepat penuh, interaksi pendidik dengan peserta didik kurang intens, video call hanya bisa dilakukan dengan anggota 8 orang saja, (2) upaya dalam menghadapi problematika peserta didik dalam penggunaan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di kelas III MIN 4 Lombok Tengah yang bersifat internal yaitu : peserta didik bertanya kepada orang tua dan guru serta mencari referensi lain di google agar memahami materi pelajaran, peserta didik dibimbing orang tuanya, guru dan teman-temannya agar mandiri dalam mengerjakan tugas. Sedangkan upaya yang bersifat eksternal yaitu : peserta didik mengirim tugas pada saat sinyal sedang lancar dan guru memberikan tambahan waktu pengumpulan tugas, kepala sekolah membelikan paket internet dengan dana BOS untuk mengatasi masalah kuota yg tidak terjangkau, menghapus file pelajaran yang sudah tidak berlaku apabila card memori penuh, peserta didik mengunjungi guru di sekolah agar interaksi mereka tetap berjalan dengan intens, peserta didik harus mengantri apabila video call hanya bisa dengan 8 anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problematika, WhatsApp, pembelajaran pada masa pandemi covid- 19"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:51
Last Modified: 05 Oct 2023 01:51
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item