Zaedani, M. (2019) Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Almadaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
M.Zaedani 151146015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. kemudian Desain penelitian yang peneliti gunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dan Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (t-test polled varians) dengan taraf signifikan 5% dan uji-F (Regresi berganda) untuk pengujian angket. Adapun kesimpulan pada penelitian ini adalah berdasarkan Hasil penelitian diperoleh hasil Sedangkan untuk hasil pengujian menggunakan uji-F, diperoleh hasil Fhitung = 5.150 dan Ftabel = 2.448, artinya bahwa Fhitung > Ftabel. Sehingga hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku teks; internet; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 06:44 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 06:44 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |