Pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa pada sub materi keliling dan luas lingkaran kelas VIII SMP negeri 6 Praya Tahun Pelajaran 2016/2017

Apriani, Baiq (2017) Pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa pada sub materi keliling dan luas lingkaran kelas VIII SMP negeri 6 Praya Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Baiq Apriani151134128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa pada sub materi keliling dan luas lingkaran kelas VIII SMP Negeri 6 Praya tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Experiment Design berbentuk One-Shot Case Study. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu pendekatan open-ended (variabel X) dan hasil belajar (variabel Y). Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “ada pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa pada sub materi keliling dan luas lingkaran kelas VIII SMP Negeri 6 Praya tahun pelajaran 2016/2017”. Tempat penelitian adalah di sekolah SMP Negeri 6 Praya yang terletak di dusun Perandap desa Bunut Baok kec. Praya kab. Lombok Tengah. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Praya yang berjumlah 34 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan dokumentasi. Peneliti tidak melakukan uji validitas dan uji reabilitas pada instrumen karena pengambil dari buku dan penelitian terdahulu yaitu Ani Fitriani. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajar siswa setelah peneliti mengajar menggunakan pendekatan open-ended. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data-data sekolah SMP Negeri 6 Praya yang diperlukan dalam penelitian ini. Observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan RPP. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan uji t sebagai uji hipotesis. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t diperoleh t_hitung = -0,5895 dan t_tabel = 2,042. Karena t_hitung < t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa “tidak ada pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa pada sub materi keliling dan luas lingkaran kelas VIII SMP Negeri 6 Praya tahun pelajaran 2016/2017.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Pendekatan Open-Ended ;SMP Negeri 6 Praya
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:34
Last Modified: 26 Jul 2018 02:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item