Dian Kurniawati, Baiq (2023) Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Muatan IPA Kelas V SDN 10 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
BAIQ DIAN KURNIAWATI 190106149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap kemampuan menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas tinggi di SDN 10 Mataram. Soal HOTS merupkan salah satu yang dibutuhkan siswa sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan dikaji dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam meyelesaikan soal Higher Order Thinking skill (HOTS) pada muatan IPA Kelas V SDN 10 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 10 Mataram pada tahun pelajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan dan penelitian, triangulasi dan kecakupan refrensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa mampu menjawab soal dengan baik dan benar sesuai dengan tiga kriteria dalam HOTS yaitu kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Peneliti menyimpulkan bahwa pada saat ulangan harian berlangsung siswa mampu menyelesaikan soal berbasis HOTS yang diberikan oleh guru hususnya pada muatan IPA.Siswa yang masuk pada kemampuan HOTS kategori tinggi tinggi untuk soal uraian 11 siswa benyak atau (44%), siswa yang masuk dalam kategori sedang sebanyak 3 siswa atau (12%) dan siswa dengan kategori rendah sebanyak 9 siswa atau (39%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan dalam menyelesaikan soal HOTS muatan IPA"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Sep 2023 00:59
Last Modified: 29 Sep 2023 00:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4793

Actions (login required)

View Item View Item