St.Rahmah, St.Rahmah (2023) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 2 Wawo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ST.Rahmah 190108001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan problem solving pemahaman dalam meningkatkan pada SMAN 2 Wawo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data pada kemampuan pemahaman konsep siswa diambil dari hasil tindakan yang telah dilakukan oleh siswa yaitu dengan melihat tingkat pemahaman konsep siswa dengan memberikan soal dengan jumlah soal sebanyak 20 soal. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,25 dengan jumlah siswa yang tuntas 8 orang dan siswa yang belum tuntas 12 orang. Sedangkan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83,25 dengan jumlah siswa yang tuntas 17 orang dan yang belum tuntas 3 orang. Sehingga penerapan problem solving pada siswa kelas x dikatakan berhasil dan dapat dijadikan referensi pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, problem solving, pemahaman konsep siswa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:50
Last Modified: 25 Sep 2023 02:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4764

Actions (login required)

View Item View Item