Suriatun, Suriatun (2023) Pola asuh Pondok Pesantren Al-Ishlahul Ma’arif Sama Jaya dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri putri. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Suriatun 190105093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Asuh Pondok Pesantren Al-Ishlahul Ma’arif Sama Jaya Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Santri Putri. Proses penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Al-Ishlahul Ma’arif Sama Jaya, khususnya pondok putri, Jl. TGH. Mustafa Al-Khalidy Sama Jaya, Desa Montong Are, Kec. Kediri, Kab. Lombok Barat, kepada pengasuh dan santri putri. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan data dan informasi yang bersifat keterangan-keterangan. Pada penelitian ini, peneliti memilih dan menentukan informan yakni: pengasuh dan santri putri dengan alasan karena pengasuh dan santri putri yang paling mengetahui informasi yang dibutuhkan peneliti. Kemudian data yang peneliti kumpulkan dari informan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bagi santri yang rajin mengikuti kegiatan dalam pondok pesantren selalu berusaha untuk mengembangkan kecerdasan sosialnya dengan mengikuti setiap kegiatan dan berharap keinginannya untuk menciptakan kecerdasan sosialnya bisa terwujud. Dari alasan tersebut, penulis bermaksud meneliti tentang Pola Asuh Pondok Pesantren dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Santri Putri. Fokus penelitian yang ingin dikaji yaitu: (1) Bagaimana pola asuh Pondok Pesantren Al-Ishlahul Ma’arif Sama Jaya dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri putri? (2) Bagaimana kecerdasan sosial santri putri di Pondok Pesantren Al-Ishlahul Ma’arif Sama Jaya? (3) Bagaimana kendala yang dihadapi oleh Pondok Pesantren Al-Ishlahul Ma’arif Sama Jaya dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri putri? Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dan bersifat kualitatif deskriptif, maka data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan tehnik sebagai instrument untuk mengecek validitas data. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pengasuh, pengurus serta santri, dan sumber sekunder yang didapat berupa foto-foto kegiatan terkait Pondok Pesantren Al-Ishlahul Ma’arf Sama Jaya. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh pondok pesantren dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri putri cukup maksimal, kecerdasan sosial santri putri termasuk baik, dilihat dari bentuk empati mereka atas pola asuh yang diterapkan. Hal ini peneliti simpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa data yang kemudian peneliti uji kredibilitasnya dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; kecerdasan sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:13
Last Modified: 21 Sep 2023 07:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4749

Actions (login required)

View Item View Item