Febrianti Alfina, Thahia (2023) Implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan minat baca siswa pada muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Min 1 Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Thahia Febrianti Alfina 180106208.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan penelitian terdahulu. Model TTW merupakan model pembelajaran kooperatif dengan sistem kerja/belajar kelompok terstruktur yang membangun pemahaman siswa melalui kegiatan berpikir (think), berbicara (talk) dan menulis (write). Fase PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ini memiliki 4 tahapan yaitu tahap prencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan/observasi dan tahap refleksi. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket,observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada peningkatan dari siklus I ke siklus II dalam satu kali pertemuan. Hal ini dapat dibuktikan dari data aktivitas observasi siswa mencapai 76,3% dan aktivitas observasi guru mencapai 13,89% sedangkan angket minat baca mencapai 67,235% pada siklus I. Pada siklus II juga observasi aktivitas siswa mencapai 83,3% dan aktivitas guru mencapai 16,67% sedangkat angket meningkatkan minat baca siswa mencapai 80,05%. Dari hasil data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus I masih ada peserta didik yang kurang efektif dalam meningkatkan minat baca sedangkan di siklus II telah terlihat siswa mana yang memiliki ketertarikan kepada membaca maka dari itu peneliti memberi motivasi kepada peserta didik untuk meningkatkan minat bacanya kembali serta guru setia mendampingi siswa yang belum lancar membaca maupun yang sudah lancer membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (ttw); minat membaca siswa; bahasa indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:34
Last Modified: 21 Sep 2023 02:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item