Ningrat, Hadi Kusuma (2023) Pengembangan komik sebagai media pembelajaranmata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) bagi peserta didik madrasah tsanawiyah (MTs.) Tahun Pelajaran 2022/2023. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hadi Kusuma Ningrat 160701008_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan komik sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) bagi peserta didik MTs. tahun pelajaran 2022/2023; (2) menghasilkan komik yang layak sebagai media pembelajaran mata pelajaran SKI bagi peserta didik MTs. tahun pelajaran 2022/2023 berdasarkan hasil uji coba ahli; dan (3) menghasilkan komik yang layak sebagai media pembelajaran mata pelajaran SKI bagi peserta didik MTs. tahun pelajaran 2022/2023 berdasarkan hasil uji coba pada peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian pengembangan dengan model Dick, Carey, & Carey yang memiliki 10 langkah, namun penelitian ini hanya sampai pada langkah ke 9 yaitu revisi produk. Agar komik ini layak menjadi media pembelajaran SKI, maka dilakukan uji kelayakan yaitu uji coba ahli (oleh ahli media pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli isi/materi) dan uji coba pada peserta didik (uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan). Untuk uji coba tersebut peneliti menggunakan angket/instrumen penilaian. Melengkapi data penelitian digunakan juga data kualitatif berupa data naratif, dari hasil wawancara maupun catatan saran dan masukan pada angket/instrumen penilaian. Hasil uji coba ahli dianalisis dengan metode Gregory; yaitu penilaiannya memakai 2 ahli/pakar, sementara hasil uji coba pada peserta didik dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini yaitu: (1) komik SKI yang dikembangkan ini memiliki unsur-unsur cukup lengkap, yaitu: (a) cover komik; (b) halaman judul; (c) identitas komik; (d) sekapur sirih penulis; (e) daftar isi komik; (f) kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, dan materi bahasan komik SKI; (g) tema pokok bahasan; (h) isi atau cerita komik yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu pertama tentang kondisi Kota Madinah sebelum datangnya Islam, kedua tentang hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Madinah, ketiga tentang suksesnya dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah, dan keempat tentang respon terhadap dakwah Nabi muhammad SAW. di Madinah; (i) di setiap bagian akhir komik dicantumkan kalimat pedoman hidup dari ayat suci Al-Qur’an sesuai tema setiap bagian; (j) bahan bacaan komik; dan (k) curriculum vitae penulis. (2) Berdasarkan hasil uji coba ahli disimpulkan bahwa produk komik SKI ini memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi untuk menjadi media pembelajaran, dari segi kebahasaan, dari segi isi/materi yang termuat di dalamnya. Sesuai hasil uji coba ahli diperoleh data bahwa dari ketiga jenis uji coba ahli (rater I dan II) penilaiannya masuk ke kolom D tabulasi silang 2x2 dengan keterangan relevan/ sangat relevan, hingga setelah dihitung dengan rumus hasilnya 1. Hasil ini dikonversi pada tabel kriteria validitas isi, disimpulkan bahwa komik SKI ini validitasnya sangat tinggi. (3) Berdasarkan hasil uji coba pada peserta didik disimpulkan bahwa komik SKI ini tingkat kelayakannya ada pada kualifikasi sangat layak. Hal ini sesuai hasil uji coba pada peserta didik yaitu: (a) pada uji coba perorangan diperoleh total persentase 1808,33 %, lalu dicari reratanya diperoleh 86,11%. Rerata ini dikonversi dengan tabel konversi tingkat kelayakan, disimpulkan komik SKI ini tingkat kelayakannya ada pada kualifikasi sangat layak, sehingga produk komik SKI ini tidak perlu direvisi. (b) Pada uji coba kelompok kecil diperoleh total persentase 1583,32 %, lalu dicari reratanya diperoleh 75,40 %. Rerata ini dikonversi dengan tabel konversi tingkat kelayakan, disimpulkan komik SKI ini tingkat kelayakannya ada pada kualifikasi sangat layak, sehingga produk komik SKI ini tidak perlu direvisi. Dan (c) pada uji coba lapangan diperoleh total persentase 1680,48 %, lalu dicari reratanya diperoleh 80,02 %. Rerata ini dikonversi dengan tabel konversi tingkat kelayakan, disimpulkan komik SKI ini tingkat kelayakannya ada pada kualifikasi sangat layak, sehingga produk komik SKI ini tidak perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pengembangan komik; media pembelajaran; sejarah kebudayaan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:19
Last Modified: 11 Sep 2023 02:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item