Sugiarto, Fitrah (2023) Pendidikan islam di Indonesia: studi pemikiran sufistik dan neo-modernisme KH. Muhammad Idris Jauhari 1952-2012. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fitrah Sugiarto 200701005_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Islam dalam setiap generasi mengalami fluktuasi, yakni terjadinya perubahan terkadang berada pada posisi terbelakang, maju, dan berkembang. Dinamika tersebut sangat dipengaruhi oleh sistem, kebijakan, dan pemikiran para tokoh yang bergelut di dalamnya. Dalam konteks ini, pemikiran tokoh menjadi penting untuk dikaji dalam usaha memajukan dan mengembangkan hal tersebut dalam beragam dimensi. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (Mix Method), yaitu penelitian pustaka (Library Research) yang dikuatkan dengan penelitian lapangan (Field Research), sebab itu data-datanya berupa data kepustakaan berkaitan dengan pemikiran KH. Muhammad Idris Jauhari, berupa buku-buku dari karyanya, dikuatkan juga dengan mewawancarai tokoh yang berinteraksi langsung dengan kyai tersebut, juga melakukan observasi di lingkungan sekitarnya seperti tempat tinggal, keluarga, dan Pondok Pesantren (ponpes) Al-Amien Prenduan Sumenep. Temuan data kemudian dianalisis menggunakan teknik Kualitatif Content Analyisis untuk memperoleh kesimpulan yang objektif. Uji keabsahan data menggunakan teori Philipp Mayring. Kesimpulan menunjukkan pertama, berdasarkan teori pendidikan Islam Muhammad Jawwad Ridha, dapat disimpulkan bahwa model pendidikan kyai tersebut termasuk kategori Konservatif-Pragmatis, hal ini tercermin dalam perhatiannya akan hal-hal modern (khalaf) dan tradisional (salaf) secara seimbang. Dalam konteks tersebut pemikirannya bermuara pada dua macam yang yang tercermin dari karya-karyanya: (1) Pemikiran Pendidikan Islam Bercorak Tasawuf Akhlaqi; (2) Pemikiran Pendidikan Islam Bercorak Neo-Modernisme. Integrasi kedua karyanya itu mengindikasikan ia menawarkan pemikiran pendidikan Islam model baru, yaitu model Pendidikan Neo-Sufistik Pesantren. Kedua, perbedaannya dengan tokoh-tokoh lainnya adalah pada perhatiannya kepada hal-hal modern (khalaf) dan tradisional (salaf) secara bersamaan, yaitu penerapan kurikulum di ponpes tersebut, khususnya TMI (Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah), menganut sistem pendidikan Pondok Modern (khalaf). Ponpes tersebut merupakan replika dari sistem Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, akan tetapi disamping itu juga ia lebih menekankan pada upaya mendekatkan peserta didik kepada Tuhan-Nya. Orientasi menuntut ilmunya adalah untuk mencari ridha Allah SWT dan pembersihan diri dari akhlak yang tercela seperti memasukkan nilai-nilai ajaran Tasawuf Akhlaqi dalam keseharian para santri. Ketiga, adapun bentuk implikasi dari pemikirannya dapat dilihat dari berkembangnya sektor-sektor pendidikan di Madura, di mana banyak masyarakat dan alumni mengadopsi pemikiran tersebut. Hal itu terlihat dari pemikiran pendidikan Islamnya dalam rentang tahun 1952-1971 dan selanjutnya dalam rentang tahun 2007-2012 di ponpes tersebut. Keempat, relevansi pemikiran pendidikan Islamnya yang bercorak Pendidikan Neo-Sufistik Pesantren dengan pemikiran pendidikan Islam kekinian masih relevan. Adapun relevansinya dengan kondisi dan tuntutan pendidikan saat ini yang bisa peneliti jabarkan pertama, menawarkan pendekatan spiritual keagamaan dalam Pendidikan; kedua, mendorong pemikiran kritis dan reflektif; ketiga, pendidikan emosional dan pembentukan karakter; keempat, penerapan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa; kelima, membangun hubungan antara pengetahuan dan nilai.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pendidikan neo-sufistik; pesantren kh. muhammad idris jauhari; al-amien prenduan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:39
Last Modified: 11 Sep 2023 01:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item