Dwiyani, Aryanti (2023) Model pendidikan karakter dalam pendidikan agama islam di SMA Negeri Se-Kota Mataram. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Aryanti Dwiyani 200701003_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan nilai yang menekankan pada aspek moral atau budi pekerti. Istilah karakter ini dikenal dengan akhlak yang tidak hanya menekankan pada pengetahuan moral (moral knowing/learning to know), tetapi juga pembentukan moral (moral feeling/moral loving) dan aplikasi atau aktualisasi nilai (moral action/moral doing). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan jenis kegiatan pendidikan agama Islam yang menjadi media penguatan karakter, bentukbentuk karakter yang dikuatkan melalui kegiatan pendidikan agama Islam dan model penguatan nilai-nilai karakter melalui pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri Se Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: a) Jenis kegiatan pendidikan agama Islam yang menjadi media penguatan karakter siswa di sekolah meliputi kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler. b) Bentuk-bentuk karakter yang dikuatkan melalui kegiatan pendidikan agama Islam di sekolah adalah religious, toleransi, kejujuran, kedisiplinan, demokrasi, cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan, kerja keras, kreatif, dan tanggung jawab. c) Model penguatan nilai-nilai karakter melalui pendidikan agama Islam di sekolah dilakukan melalui tiga model proses/tahapan yaitu: a) Pengetahuan tentang moral, b) Pembentukan moral, c) Aplikasi atau aktualisasi moral yang menekankan aktualisasi nilai karakter baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan yang lebih luas. Model pendidikan karakter di sekolah ini dilakukan dengan dua model yaitu model hiden kurrikulum (kurikulum tersembunyi) dan model integrasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: model pendidikan karakter; pendidikan agama islam; hidden; kurikulum; integrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:06
Last Modified: 11 Sep 2023 01:06
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item View Item