Aminah, Siti (2016) Pengaruh penggunaan media power point dan animasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Qomarul Huda Bagu tahun pelajaran 2015/2016. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Aminah 151114123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point dan animasi terhadap pemahaman matematika siswa kelas VII MTs Qomarul Huda Bagu Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik random sampling dan mengambil dua kelas dengan jumlah membuat undian yakni kelas VIIA sebanyak 18 siswa dan VIIB sebanyak 15 siswa. Untuk mengetahui pemahaman matematika siswa peneliti menggunakan lembar tes, sedangkan untuk media power point dan animasi peneliti menggunakan lembar angket. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan analisis uji Regresi Ganda dengan bantuan Software SPSS 17.0. Berdasarkan hasil analisis uji signifikansi regresi ganda. Dan berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai F sebesar 198. Nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai F tabel dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh F tabel sebesar 3,68. Dengan demikian penggunaan media power point dan animasi mempengaruhi variabel independennya yaitu nilai media power point (b1=3,13) lebih besar dari nilai media animasi ( b2 = - 0,507). Hasil tersebut memberikan makna bahwa penggunaan media power point dan animasi yang digunakan dalam pembelajaran pada kelas eksperimen memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman matematika siswa. Dengan demikian dari uji regresi ganda tersebut dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan media power point dan animasi terhadap pemahaman matematika siswa kelas VII Mts Qomarul Huda Bagu Tahun Pelajaran 2015/2016.”

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pemahaman matematika; power point; animasi; media; matematika; prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:27
Last Modified: 30 Jul 2024 02:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item