Anisa, Zainiya (2023) Strategi branding image MTs swasta di Lombok Barat. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zainiya Anisa 210401052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu tanda kemajuan negara. Dalam ranah ini madrasah sehendaknya menjadi salah satu contoh dalam dunia pendidikan di Indonesia karena termasuk ke dalam pendidikan keagamaan yang merupakan salah satu pendidikan terlama di Indonesia. Akan tetapi saat ini, ada ketidak merataan eksistensi madrasah di Indonesia. Di mana jumlah MTs swasta yang mayoritas lebih banyak dibandingkan dengan MTs Negeri kerap kali kalah dalam bersaing. Persaingan dalam jumlah siswa, perlombaan, maupun kualitas Pendidikan yang di dominasi oleh madrasah negeri. Akan tetapi, ada beberapa MTs swasta di Lombok Barat yang memiliki branding image yang kuat sehingga mampu mendapatkan eksistensi dan kualitas yang tidak kalah dengan MTs Negeri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan A. Michel Huberman yaitu reduksi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan perpanjangan waktu penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi branding image yang digunakan oleh MTs Putri Al-Aziziyah adalah 1). Meningkatkan kinerja kepala madrasah dan guru, 2). Mengikuti kegiatan lomba, dan berhubungan dengan masyarakat, 3). Menggunakan metode menghafal asal Makkah, 4). Kedisiplinan, dan 5). Akreditasi Madrasah. Sedangkan strategi branding image MTs putri Nurul Haramain yaitu, 1). Mempersiapkan keahlian tenaga pendidik dan kependidikan, 2). Membangun kebiasaan berbahasa, 3). Membangun mental dan tanggung jawab siswa, 4). Kedisiplinan, dan 5). Akreditasi madrasah. Adapun faktor pendukung strategi branding image di MTs Putri Al-Aziziyah, Karismatik tuang guru sebagai pemimpin, Lingkungan islami, Sumber daya manusia yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya adalah Kurangnya asrama, Kurangnya kedisiplinan santri. Kemudian faktor pendukung di MTs Putri Nurul Haramain adalah Karismatik tuang guru sebagai pimpinan, Sumber daya manusia yang profesional, Program yang beragam, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya guru yang tidak dapat membimbing siswa dalam menggunakan Bahasa asing.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: branding; image; mts swasta
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:17
Last Modified: 21 Aug 2023 01:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item